Skip to main content

Sekelumit kisah tentang Nokia N900 - Part II

Menyambung tulisan Saya sebelumnya pada bagian pertama Sekelumit kisah tentang Nokia N900 - Part I, sebagai Customer yang merasa diperlakukan tidak layak maka Saya terpaksa berusaha untuk mendapatkan perhatian yang lebih mengenai masalah yang dihadapi.

Karena adanya tugas kantor ke luar daerah sampai dengan 24 Desember 2010, Saya belum sempat mengurus lebih lanjut nasib perangkat yang statusnya "masih tersandera" di NCP. Berhubung jadwal kerja sudah harus berangkat tanggal 20 Desember 2010, dan juga karena setelah 25 Desember 2010 Saya ingin cuti dulu sampai tahun baru, Saya freeze dulu permasalahan ini sampai awal tahun 2011.

Kemudian setelah ada waktu senggang Saya sempatkan untuk datang ke NCP ITC Kuningan tersebut, tepatnya tanggal 5 Januari 2011. Sebelumnya sudah diusahakan kontak ke nomor telepon yg tertera pada dokumen Customer Receipt tetapi tidak pernah ada yang mengangkat.

Sesampainya disana Saya diterima oleh Customer Care Officer perempuan, dibawah ini reka ulang percakapan di NCP tersebut.

Customer Care Officer - Wanita (CCF): Apa yang bisa Saya bantu pak?

Saya (Sy): Saya minta tolong diperjelas mengenai status perbaikan HP Saya, yg sudah Saya kirimkan beberapa waktu lalu.

CCF: O,.. iya pak,.. bisa minta dokumen Customer Receipt nya pak?

Sy: Ini bu, (sambil Saya serahkan dokumennya)

CCF: (Inquiry di Komputer) OK,... tipe HP bapak N900 ya?

Sy: Betul bu,..!

CCF: Masalahnya,...

Sy: (Saya potong) Iya bu, itu port USB untuk ngecharge nya copot, jadi ngga bisa dicharge!

CCF: Hmmm,... betul pak, begitu juga menurut catatan Kami juga,... dengan pak Rusman sendiri?

Sy: Bukan bu, yg tercantum di dokumen tersebut adalah teman Saya yg mengantar HP nya kesini, HP nya itu sendiri punya Saya (mencoba menegaskan)

CCF: Kalo begitu boleh Saya minta identitas bapak, KTP nya ya pak,...

Sy: (Saya keluarkan KTP sambil bertanya) Jadi bagaimana bu?

CCF: Bapak pernah dihubungi pihak Kami sebelumnya? Karena kalo lihat datanya HP bapak Kami terima sudah cukup lama,... pernah ditelepon?

Sy: Ditelepon sih belum pernah bu, Saya coba telepon kesini juga nggak diangkat-angkat! Tapi Saya pernah diSMS bu, lupa tanggal terima SMS nya (pura-pura lupa).

CCF: OK Pak, begini menurut hasil pemeriksaan teknisi Kami, Perangkat HP bapak tidak bisa diperbaiki

CCF: Oleh karena itu Garansinya Kami batalkan

Sy: (Dengan mimik muka marah) Saya minta penjelasan lebih detail mengenai hal ini!

CCF: Bisa menunggu sebentar pak Saya coba panggilkan teknisi Kami untuk menjelaskan

Sy: Ya, silakan! (Dengan mimik muka marah & kesal)

Kemudian beberapa saat kemudian datanglah si teknisi laki-laki,... dibawah ini reka ulang percakapannya:

TEKNISI: Selamat siang pak, perkenalkan nama Saya .... (disensor) teknisi yg incharge hari ini

Sy: Saya minta dijelaskan kenapa bisa HP Saya Anda batalkan Garansinya!

TEKNISI: Begini pak, setelah Kami periksa ternyata pada HP bapak, N900 ini, ada bagian yg terangkat jalur listriknya karena kesalahan bapak! Oleh karena kesalahan pengguna maka Kami batalkan garansinya.

Sy: Maksud Anda terangkat jalur listriknya itu port USB nya itu yg lepas?

TEKNISI: Betul pak!

Sy: Kemudian berdasarkan SMS ini disebutkan bahwa masalah ini tidak bisa diperbaiki?

TEKNISI: Betul pak, oleh karena itu Garansinya Kami void, Saya mohon maaf tidak bisa membantu!

Sy: (Dengan sekuat tenaga menahan amarah) MAKSUD ANDA VOID ARTINYA BATAL?

TEKNISI: Iya pak! (Agak ketus)

Sy: (2x Dengan sekuat tenaga menahan amarah) SAYA TIDAK TERIMA ANDA BATALKAN GARANSINYA, SAYA BISA MENGERTI KALO ANDA TIDAK BISA MEMPERBAIKINYA

TEKNISI: (Dengan Marah) TAPI KAMI BERHAK MEMBATALKAN GARANSI!

Sy: SAYA TIDAK TERIMA ANDA BATALKAN GARANSINYA, KALO PERLU SAYA BAWA KASUS INI KE PENGADILAN!

TEKNISI: (Dengan Marah & Arogan) SILAKAN PAK, YANG PASTI KAMI BERHAK MEMBATALKAN GARANSI HP BAPAK!

This is the moment I've waiting for!
Sy: SAYA BERIKAN INFORMASI KEPADA ANDA MENGENAI HAL INI
KEJADIAN COPOTNYA PORT USB INI TIDAK HANYA TERJADI PADA SAYA SAJA!
DAN INI SUDAH DIKETAHUI OLEH NOKIA SEJAK JANUARI 2010!
BAHKAN ADA EKS KARYAWAN NOKIA YG MENGANGGAP INI SALAH DESAIN!
SAYA TIDAK BISA TERIMA ANDA BATALKAN GARANSI KARENA MEMANG SUDAH SALAH DESAIN DARI PABRIKNYA!
HAMPIR DISELURUH DUNIA SUDAH ADA YANG MENGALAMI KEJADIAN INI
DI INGGRIS DIGANTI, DI AMERIKA DIGANTI, DI AMERIKA SELATAN MESKIPUN BELINYA DI AMERIKA DIGANTI
SAYA SEPAKAT MEMBAYAR ONGKOS BONGKAR RP. 200.000 INI BUKAN KARENA SAYA TIDAK PUNYA INFORMASI
SILAKAN BAPAK CEK KE FORUM NOKIA MENGENAI HAL INI, INFORMASINYA PUN DIPUBLISH OLEH
SEORANG ADMINISTRATOR FORUM!
KALO BELUM TAHU, INI SAYA TUNJUKKAN HALAMANNYA (Sambil membuka halaman forum nokia terkait
dari HP lama Saya, jelek2 juga HP lama sudah bisa 3.5G)

TEKNISI: (Kaget bukan kepalang) Bisa Saya lihat pak?

Sy: Nih baca! (Saya kasih lihat halaman yg sudah dibuka di Opera Mini)
Sy: (Saat Teknisi tersebut membaca) Saya perjelas lagi ya Pak,... di halaman tersebut
disebutkan bahwa "a detached N900 usb connector should be covered and fixed under warranty".
Kalo Saya terjemahkan USB connector yg terlepas harus diperbaiki karena masuk dalam lingkup garansi!

Sedang diatas angin
Sy: Tolong bapak mengerti, ini perangkat bukan perangkat murahan, tidak mungkin Saya perlakukan
dengan tidak hati-hati! USB connector memang fungsinya untuk dicabut-colok, cabut-colok, cabut-colok
terus apa karena USB connector Saya gunakan dengan sebagaimana mestinya kemudian terlepas
mengakibatkan Garansi HP jadi hilang?
Saya yakin perangkat ini tidak punya masalah yg lain selain USB port nya saja yg copot,
kalo perlu Saya buktikan bapak cari batere yg sama speknya untuk N900, pasang, pasti nyala
dengan tidak ada masalah!
Karena sebelum Saya antar kesini Saya masih sempat membackup datanya, cek email & terima SMS.
Saya tidak terima garansi HP ini dibatalkan begitu saja!

TEKNISI: (Sudah mulai Sadar, arogansinya sudah hilang) Baik Pak, Saya minta tolong bapak biar Saya bisa membantu bapak ke atasan Saya, bapak email web informasi tersebut ke tek.jkt.kng@.com, kemudian bisa menghubungi no. Saya 021-3267XXXX untuk informasi lebih lanjut, ini Saya tuliskan di lembar
Customer Receipt punya bapak.

Sy: Maksudnya untuk memperjelas masalah ini Anda minta diemail, OK, sesampainya di kantor Saya emailkan ke alamat ini!

Sy: Jadi HP Saya masih belum bisa diambil?

TEKNISI: Kami coba dulu untuk membantu bapak jadi untuk sementara masih Kami proses statusnya.

Sy: OK, kalo begitu!

TEKNISI: Terima Kasih banyak Pak!

Sy: Sama-sama

10 menit kemudian pas lagi dijalan Saya menerima SMS dari teknisi tersebut:
Dear pak Mesa, alamat email saya yang benar adalah tek.kng.jkt@.com.Terima kasih

Kadang bertanya apakah untuk mendapatkan perlakuan yang benar apa harus adu mulut & pasang urat dulu ya?

Sampai hari ini perangkat N900 Saya masih dalam tahap proses pemeriksaan lebih lanjut.

Comments

Popular posts from this blog

Configure Reverse Proxy Apache 2 for Oracle APEX 4.0

Just taking note reminder for myself, it's about how to configuring Apache 2 HTTP Server (Not OHS come with Compl CD of Oracle Database) as a front end HTTP Server for APEX 4.0 installed in Oracle XE 10g. Just follow the step as explain below: Install Apache 2.2 Server (Source can be downloaded from http://httpd.apache.org/download.cgi) installed with listening port configure at 8888 Install Oracle XE 10g Database (Download from http://www.oracle.com/technetwork/database/express-edition/downloads/index.html) installed with listening port configure at 7777 Install APEX 4.0 (Download from http://www.oracle.com/technetwork/developer-tools/apex/downloads/index.html) After those development tools installed last thing to do is Configure Apache2 to become front server and static images server for APEX 4.0 then do the following steps: Enable/Activate module mod_proxy, proxy_http_module with LoadModule Directive. Configuration example: LoadModule proxy_module /usr/

Intel 3945 Wifi Card Problem Easy Troubleshoot in Ubuntu 10.10

Recently just change my mind to switch back OS to pure Ubuntu (not its derivative). I've been using Mint version of Ubuntu derivative for 2 years. Gradually move with upgrade from Mint 5, Mint 8 to Mint 9 (KDE). Last upgrade (Mint 9 KDE) was to 64 Bit version about 8 months ago. Today just upgrade to 10.10 Ubuntu and find out that I couldn't access office wireless network. After googling, I find out a simple solution from this links So just type this in your terminal: sudo rfkill unblock wifi Type 'dmesg | grep iwl' to see the result that should inform something like this: iwl3945 0000:07:00.0: loaded firmware version 15.32.2.9 And of course available Wifi Network now should appear in Network Manager applet drop down. See picture below for more verbose outcome. After this then I'll applied PAE Kernel to utilized unused 1 GB RAM in my laptop, since 32-bit linux without PAE can only used maximum 3 GB of RAM (mine is 4 GB),... hehehe I'm back to 32-bit world again,

Behind The Scene of Processing CSV in Oracle Database using PL/SQL

Melanjutkan postingan sebelumnya: Memproses CSV yg di upload menggunakan APEX dimana penjelasan back end process dan behind the scene Saya coba paparkan semudah mungkin. Langkah-langkah mengkonversi konten CSV menjadi baris-baris tabel di Oracle Database bisa dilakukan dengan tahapan berikut init. Pasang dulu 2 fungsi yang sangat dibutuhkan yaitu: Fungsi F_CSV_CONVERT_TO_TABLE Fungsi HEX_TO_DECIMAL Fungsi F_CSV_CONVERT_TO_TABLE (Detail) CREATE OR REPLACE FUNCTION "F_CSV_CONVERT_TO_TABLE" ( p_in_string IN VARCHAR2 , p_in_encapsulator IN VARCHAR2 DEFAULT '"' ) RETURN wwv_flow_global.vc_arr2 AS l_string VARCHAR2(32767) := p_in_string || ','; l_quote_start_index PLS_INTEGER := 0; l_quote_end_index PLS_INTEGER := 0; l_comma_index PLS_INTEGER; l_index PLS_INTEGER := 1; l_tab wwv_flow_global.vc_arr2; i PLS_INTEGER := 1; BEGIN LOOP l_comma_index := REGEXP_INSTR(l_string, '[,&#